Kamis, 14 Juli 2011

cara membuat website (Step by step )


Di era globalisasi ini, manusia sangat bergantung pada internet. Pertukaran informasi yang begitu cepat, membuat manusia dapat berinteraksi dengan dunia. Website sebagai salah satu media penyalur informasi, berkembang sangat pesat, membuat persaingan di antara web developer semakin sengit untuk meningkatkan popularitas websitenya. Namun tahukah anda cara membuat website??, sebelum kita membuat website, sebaiknya kita tahu komponen yang ada di dalam website itu sendiri. Dalam dunia developer web, mereka sudah tidak asing lagi dengan istilah domain, web hosting,dll, lalu tahukah anda dengan istilah-istilah tersebut?, mari saya jelaskan....

a. Domain 

Domain dapat diibaratkan sebagai alamat. Sebenarnya domain adalah alamat atau sebuah unicode yang dipasang untuk mengidentifikasikan suatu server / web hosting.

b. Web hosting (server)

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet.

Hubungan antara domain dan web hosting.

Jika domain diibaratkan sebagai alamat, maka web hosting dapat diibaratkan sebagai rumah. Untuk menuju rumah tersebut, maka kita memerlukan alamat yang lengkap sehingga kita tersesat di jalan. Selain itu rumah juga dapat diisi barang-barang yang kita perlukan, begitulah hosting bila digambarkan sebagai rumah, kita dapat mengisinya dengan data yang akan diakses melalui domain. Lanjut ke cara membuat website... 

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website....

1. Memiliki domain, anda bisa mendaftar untuk membuat domain yang berbayar maupun gratis, untuk yang gratis, misalnya co.cc, untuk cara mendaftarnya ikuti langkah 
berikut.

a. Kunjungi alamat situsnya klik di sini
b. Di kotak yang tersedia , isi alamat yang diinginkan. Contoh. namabloganda.co.cc. Klik “Check Availability”. Kalau “Available” (tersedia/gak ada yang punya), teruskan prosesnya. Kalau sudah ada yang pakai, ulangi lagi dengan mengisi nama yang lain.
c. Klik “Continue to Registration”
d. Klik “Create an Account Now” di bagian paling bawah
e. Isi formulir . Jangan lupa kasih tanda(centang) di bagian paling bawah pada “I accept the Terms of Service”
f. Klik “Create an account now.”
g. Proses daftar domain selesai.

2. Memiliki webhosting, webhosting yang pernah saya pakai yaitu byethost.com, merupakan salah satu web hosting gratis yang saya pakai, untuk mendaftarnya ikuti cara berikut, ini.

a. Silahkan kunjungi byethost.com
b. Kemudian kalian KLIK Tulisan "Click Here To Sign Up For Free Hosting" untuk mendaftar
c. Silahkan isi formulir yang tersedia Lalu KLIK "REGISTER"

Catatan :
Disana disebutkan bahwa disarankan untuk memakai browser firefox jangan Internet explorer.

d. KLIK tombol "CLICK ME TO CONTINUE"
e. Silahkan masukan kode verifikasi yang diminta
f. Kemudian kalian Buka Email kalian untuk verifikasi,
g. Masukkan lagi Kode captcha untuk verifikasi pendaftaran lalu KLIK "REGISTER"
h. Account sudah jadi, disini kalian akan diberikan hosting gratis dan domain gratis, jangan lupa SIMPAN keterangannya / Download saja supaya tidak lupa.

3. menghubungkan domain dengan webhost.

a. sign in ke account co.cc anda.
+ klik setup, kemudian klik server name(DNS).

masukan seperti gambar di bawah ini jika anda menggunakan server byethost.



b. sign in ke byethost.com
+ pada bagian domain, klik addon domain.



+ masukkan domain, co.cc yang anda buat, misalnya my-backdoor.co.cc, klik add domain.



+kemudian kembali ke Cpanel, pada bagian DNS masagement, klik CNAME records.



+pilih nama domain anda, pada kali ini saya menggunakan domain yang saya buat yaitu my-backdoor.co.cc, klik add.



4. membangun website anda, setelah anda memiliki doamin, dan web hosting, sekarang anda bebas membangun website anda, bagi anda yang tidak mau repot, anda dapat menggunakan CMS seperti wordpress, joomla, drupal, dll. anda tinggal meng-upload CMS tersebut pada web hosting anda atau jika ingin lebih cepat dapat menggunakan iVista easy script pada Cpanel anda.

untuk mengetest sebuah website yang anda buat, anda tinggal mengetikkan alamat yang anda buat pada browser anda. misalnya anda bisa klik my-backdoor.co.cc web yang saya buat, dengan menggunakan cara ini.

sekian semoga dapat menambah wawasan para pembaca....